Senin, 29 Oktober 2012

jaringan komputer



Jaringan Komputer

Assalamualaikum WR.WB.
Kali ini Saya akan membahas tentanag jaringan komputer,tentunya teman-teman pernah mendengar istilah jaringan komputer kan?
Jaringan komputer adalah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuandan memiliki tujuan yang sama.
Berdasarkan jangkauannya,jaringan komputer dibagi menjadi lima jenis yaitu:
1.      Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan sebuah ruangan atau gedung.
2.      Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang menghubungkan sebuah kota atau kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan.
3.      Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang menghubungkan wilayah geografis yang luas seperti antar negara bahkan benua.
4.      Internet adalah jaringan yang menghubungkan orang yang letaknya berjauhan sehingga bisa berkomunikasi satu sama lainnya dengan menggunakan kumpulan jaringan yang interkoneksi.
5.      Jaringan tanpa kabel adalah jaringan yang menghubungkan antar manusia tanpa menggunakan kabel.
Berdasarkan  fungsinya,jaringan komputer dibagi menjadi dua jenis yaitu:
1.      Client-server  adalah jaringan dimana salah satu komputer bertindak sebagai server, dan komputer lainnya sebagai client.
2.      Peer-to-peer  adalah jaringan dimana semua komputer memilii kedudukan yang sama yaitu sebagai client dan server.
Topologi jaringan adalah suatu caa untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan.Topologi jaringan dibedakan menjadi  enam yaitu:
1.      Topologi bus
2.      Topologi ring
3.      Topologi tree
4.      Topologi star
5.      Topologi linier
6.      Topologi mesh
Semoga posting kali bisa bermanfaat untuk Kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar